Minggu, 30 Oktober 2011

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) IPA


Penggunaan Kartu Doli Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Listrik 
Pada Siswa Kelas IX E SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Pelajaran 2010/2011

Oleh: Yati Kurniawati

(Guru SMP Negeri 7 Salatiga)


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA materi elemen listrik serta energi dan daya listrik bagi siswa kelas IX E SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penggunaan Kartu Doli. Penelitian ini dilaksanakan SMP Negeri 7 Salatiga pada tahun pelajaran 2010/2011 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IX E yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I pembelajaran dilakukan dengan penggunaan Kartu Doli secara kelompok tanpa daftar pertanyaan, sedangkan pada siklus II penggunaan Kartu Doli secara kelompok disertai daftar pertanyaan. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu perencanaan,  pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Deskriptif komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus I dan siklus II, baik untuk aktivitas belajar maupun hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, penggunaan Kartu Doli dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA materi elemen listrik serta energi dan daya listrik bagi siswa kelas IX E SMP Negeri 7 Salatiga pada semester 1 tahun pelajaran 2010/2011. Terbukti persentase jumlah siswa dalam kategori aktivitas belajar baik meningkat dari kondisi awal 27% menjadi 69% pada siklus I dan menjadi 92% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 65% dari kondisi awal. Kedua, penggunaan Kartu Doli dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi elemen listrik serta energi dan daya listrik bagi siswa kelas IX E SMP Negeri 7 Salatiga pada semester 1 tahun pelajaran 2010/2011. Terbukti persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari kondisi awal 31% menjadi 85% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 69% dari kondisi awal.

Kata kunci: Kartu Doli, hasil belajar, aktivitas belajar, IPA, listrik.

1 komentar: