Penggunaan Kartu
Doli Untuk
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar
Listrik
Pada Siswa Kelas IX E SMP Negeri 7
Salatiga Tahun Pelajaran 2010/2011
Oleh: Yati Kurniawati
(Guru
SMP Negeri 7 Salatiga)
ABSTRAK
Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA materi elemen
listrik serta energi dan daya listrik
bagi siswa kelas IX E
SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui
penggunaan Kartu Doli. Penelitian ini dilaksanakan SMP Negeri 7 Salatiga pada tahun pelajaran 2010/2011 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IX E yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.
Metode yang
digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang
terdiri dari dua siklus. Pada
siklus I pembelajaran dilakukan dengan penggunaan Kartu Doli secara kelompok
tanpa daftar
pertanyaan, sedangkan pada siklus II penggunaan Kartu Doli secara kelompok
disertai daftar
pertanyaan. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Data hasil penelitian dianalisis
menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Deskriptif
komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus I dan siklus II, baik untuk aktivitas belajar maupun hasil belajar.
Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa: Pertama, penggunaan Kartu Doli dapat meningkatkan aktivitas
belajar IPA materi elemen listrik serta energi dan daya listrik bagi siswa
kelas IX E SMP Negeri 7 Salatiga pada semester 1 tahun pelajaran 2010/2011. Terbukti persentase jumlah siswa dalam kategori
aktivitas belajar baik meningkat dari
kondisi awal 27% menjadi 69% pada siklus I dan menjadi 92% pada siklus II atau pada kondisi akhir
mengalami peningkatan sebesar 65% dari kondisi awal. Kedua, penggunaan Kartu Doli dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi elemen listrik serta energi dan
daya listrik bagi siswa kelas IX E SMP Negeri 7 Salatiga pada semester 1 tahun
pelajaran 2010/2011. Terbukti
persentase ketuntasan belajar siswa
meningkat dari
kondisi awal 31% menjadi 85% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II atau
pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 69% dari kondisi awal.
Kata kunci: Kartu Doli, hasil belajar, aktivitas belajar, IPA, listrik.
Wah hebat bu yati idzin share ya
BalasHapus